Thursday, October 5, 2017

Musim hujan tiba, pengunjung harus ekstra waspada

Akhir bulan September tahun ini menjadi awal musin penghujan di wilayah Cianjur bagian selatan. Hujan dengan intensitas sedang sampai intensitas tinggi mulai terjadi dan mengguyur kawasan wilayah kami.
Tidak terkecuali kawasan bekas perkebunan karet Ciastana yang merupakan hulu sungai dan sumber air resapan yang sebagiannya akan mengalir melewati Curug Ciastana. Puncaknya, setelah terjadi guyuran hujan hampir tiga hari dua malam secara berturut-turut, debit air yang melewati Curug Ciastana melebihi batas normal.

Kondisi seperti ini sering terjadi dan tidaklah lama, biasanya hanya satu atau dua hari saja. Maka kondisi air curug akan menyusut dan jika intensitas hujan sudah mulai kembali normal atau sedang, tentu debit air yang melewati curug Ciastanapun mulai berkurang.
Biasanya pada kondisi musim hujan yang normal, debit air Curug Ciastana akan seperti ini.


Oleh karena itu, bagi pengunjung yang akan berkunjung ke lokasi Curug Ciastana di musim hujan seperti ini haruslah lebih berhati-hati dan ekstra waspada. Memang aman jika hanya untuk berkunjung, melihat dan mengamati lokasinya saja. Akan tetapi akan sangat berbahaya jika pengunjung mamaksakan diri untuk mandi atau "guyang" pada lewi/kolam Curug Ciastanya.

No comments:

Post a Comment